Selasa, 21 Mei 2013

Jenis Jenis Lensa Kamera DSLR


.1. Lensa Prima/Prime Lens

Lensa prima/prime lens adalah jenis lensa yang hanya memiliki rentang fokal tetap(fixed focal length) sehingga tidak dapat melakukan zoom.
Lensa prima biasa digunakan untuk portrait, kegiatan olah-raga dan lain sebagainya. Beberapa lensa prima yang sangat terkenal dan sering digunakan adalah lensa 50mm, 85mm, 135mm, dan 300mm dari berbagai merek lensa.
Contoh lensa prima 5omm dari merek Nikon adalah Nikon AF-S NIKKOR 50mm.

2. Lensa Standard Zoom
Lensa standard zoom sering disebut juga sebagai jenis lensa jalan-jalan atau travelling. Lensa standard zoom biasanya mempunyai rentang fokal antara 16-85mm. Rentang fokal lensa standard zoom sangat fleksibel dan 80% dari photo anda kemungkinan diambil dengan mengunakan lensa standard zoom. Contoh lensa standar zoom dari berbagai merek antara lain : Canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS, Nikon 18-55mm f/3.5-5.6 VR, Nikon 16-85mm f/3.5-5.6 VR, Pentax 16-50mm f/2.8 dan lain sebagainya.
3 Lensa Wide Angle Zoom


Lensa wide angle zoom adalah jenis lensa yang populer bagi photographer pemandangan atau arsitektur karena kemampuan lensa ini untuk menangkap bidang yang luas dengan prespektif yang dinamis. Contoh lensa wide angle zoom dari berbagai merek antara lain : Sigma 10-20mm, Canon EF-S 10- 22mm, Tokina 12-24mm dan lain sebagainya.

4. Lensa Telephoto Zoom
Lensa telephoto zoom dapat adalah jenis lensa yang dapat membuat objek yang jauh terasa lebih dekat. Sangat populer dikalangan photographer binatang liar, olahraga, photo-jurnalistik dan banyak lagi. Lensa telephoto zoom juga populer untuk portrait karena kemampuannya dalam mengkompresi latar bekalang, sehingga model anda terlihat lebih enak dipandang. Biasanya lensa telephoto zoom rawan getar, maka dari itu lensa telephoto zoom yang memiliki Image stabilization sangat dianjurkan. Contoh lensa telephoto zoom dari berbagai merek antara lain : Canon 55-250mm IS, Sony 70-200mm f/2.8, Pentax 65-250mm f/4, Sigma 50-500mm dan sebagainya.


5. Lensa Super zoom



Lensa super zoom seperti sebuah gabungan dari lensa standard zoom dengan lensa telephoto zoom. Rentang fokal lensa super zoom sangat lebar, dari 18mm sampai 200mm bahkan ada yang sampai 270mm. Karena itu, lensa ini sangat populer untuk lensa jalan-jalan atau travelling. Ideal untuk orang yang tidak ingin mengganti-ganti lensa. Kekurangan lensa ini yaitu pada kualitas optiknya yang secara umum tidak se-prima lensa standard zoom ataupun lensa telephoto zoom.

6. Lensa Makro



Lensa makro adalah jenis lensa ideal untuk mengambil photo close-up atau detail shot dari benda-benda berukuran kecil, misalnya perhiasaan, bunga, serangga, dan lain sebagainya. Lensa makro mampu membesarkan objek yang diphoto dan menangkap detail dan warna dengan tajam. Lensa makro kadang dipakai untuk portrait karena rentang fokal lensa makro biasanya sekitar 90-200mm.Hasil photo dengan lensa makro memang sangat tajam, sehingga permukaan/surface object terlihat sangat jelas. Pada umumnya lensa Makro yang baik bukan dari jenis lensa zoom melainkan jenis lensa prime (fixed focal length).


Demikian uraian sederhana mengenai beberapa jenis lensa kamera DLSR secara umum. Semoga dapat membantu anda dalam mengambil keputusan jenis lensa mana yang paling cocok untuk digunakan pada kamera anda.

Namun demikian keputusan akhir ada ditangan anda, karena sesungguhnya dengan berbekal pengetahuan yang cukup tentang teknik photography hampir semua jenis lensa dapat melakukan hal yang sama, kecuali untuk beberapa jenis lensa yang sangat spesifik.

Trimakasih. . . >>> :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar