Selasa, 23 April 2013

Contoh Laporan PRAKERIN Bab I - Bab II


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

Tujuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) sebagaimana sudah tercantum dalam Undang – undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( penjelasan pasal 15 ), dijelaskan bhwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Dengan demikian tamatan yang dihasilkan harus memiliki kompetensi atau kemampuan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat dan Dunia Usaha serta Dunia Industri ( DU/DI )

Disadari bahwa  pendidikan dan pelatihan ( diklat ) disekolahan pada kenyataan belum dapat memberikan kompetensi / kemampuan siswa sebagaimana dipersyaratkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri, tetapi baru dapat memberikan kemampuan dasar. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan kesesuaian mutu lulusan SMK dengan kemampuan kerja dan sikap profesional sesuai persyaratan lapangan kerja, maka diselenggarakan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ).

Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah pelaksanaan pendidikan yang melibatkan Dunia Usaha/Industri serta asosiasi profesi mulai dari proses penerimaan siswa, pendidikan dan latihan, pengujian dan sertifikasi, dilaksanakan sejalan dengan apa yang telah dilaksanakan di DU/DI. Keterlibatan DU/DI dalam Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) khususnya dalam proses pendidikan dan latihan siswa SMK untuk menguasai suatu kompetensi dilaksanakan dalam bentuk Praktik Industri ( PI ). Melalui kegiatan PI, diharapkan dapat menerapkan prinsip pembelajaran yang menekankan pada penggunaan strategi belajar yang bersifat learning by doing ( belajar melalui aktifitas – aktifitas yang memberikan pengalaman belajar bermakna ), Individualized Learning ( belajar dengan memperhatikan keunikan individu ), dan belajar dengan menggunakan paket pembelajaran atau modul serta untuk membentuk sikap mandiri peserta didik dapat diterapkan strategi pembelajaran berbasis Produksi dan Kewirausahaan.


1.2        Tujuan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN )


Tujuan penyelenggaraan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah :
1.2.1        Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan kerja yang tingi.,
1.2.2        Memperoleh Link and Macth antara sekolah dan Dunia Usaha/Industri.,
1.2.3        Meningkatkan efisieansi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.,
1.2.4        Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sesuai dengan pembagian pendidikan.

Tujuan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) akan memperoleh hasil yang diharapkan jika ada kesediaan dan kepedulian DU/DI yang menjadi inndustri pasangan.


1.3        Ruang Lingkup Praktik Kerja Industri

Kegiatan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) menjadi salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan sesuai dengan ketentuan pada :

1.3.1        UU. No 02 tahun 1998 Tentang Sistem Pendidikan Nasioal.,
1.3.2        PP. No. 29 tahun 1990 tentang pendidikan nasional
1.3.3        PP. No. 39 tahun 1992 tentang peranan masyarakat dalam pendidikan nasional,


1.4        Tujuan Penulisan Laporan

Adapun tujuan penulisan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah sebagai berikut :
1.4.1        Untuk memnuhi salah satu kewajiban dalam melaksanakan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ).,
1.4.2        Mendapatkan gambaran selama melaksanakan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) dengan baik.,
1.4.3        Untuk memenuhi salah satu syarat UN SMK.

Dalam melaksanakan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) siswa diharapkan mampu menguasai dan memahami kegiatan usaha dan dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) serta dapat menyusun laporan hasil kerja. Laporan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) dapat digunakan sebagai bukti bahwa siswa telah menyelesaikan kegiatan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) yang ditugaskan sekolah.


  
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN


2.1        Sejarah Berdirinya Auto Star d/h Impian Motor

Auto Star d/h Impian Motor berdiri sejak tanggal 25 September 1999, dan memiliki area sekiter 1000 m2 . BENGKEL Auto Star d/h Impian Motor didirikan dengan tujuan agar para pelanggan yang berada di daerah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Tangerang lebih mudah untuk menjangkau lokasi, karena dekat dengan dengan jalan tol Kebun Jeruk, Tol Bintaro dan Rood Cengkareng. Dengan adanya bengkel Auto Star d/h Impian Motor yang berlokasi di daerah Ciledug, kami berharap kendaraan – kendaraan di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Tangerang dapat menjadi langganan Auto Star d/h Impian Motor, dengan motto kesehatan lingkungan, keselematan kerja kita siptakan kepuasan pelenggan, karena kepuasan pelanggan adalah lambing kepuasan kami.

Lingkup utama pelayanan Auto Star d/h Impian Motor adalah perawatan ( service ) mesin baik service kecil ( tune up , ganti oli, dan service rem ), dan service besar ( turun mesin, turun kopling, dll ), perbaikan Body kendaraan (las, cat, ketok ) serta perbaikan Elektrickal system dengan menggunakan perakitan yang cukup modern dan sumber daya manusia ( SDM ) yang berpengalaman dan profesional.

Kesungguhan dan keprofesionalan Auto Star d/h Impian Motor telah terbukti dengan tetap bertahannya perkembangan Auto Star d/h Impian Motor dimasa krisis ekonomi yang masih berlangsung hingga sekarang ini. Saat ini bengkel Auto Star d/h Impian Motor telah menjadi bengkel resmi Authorized Work Shop ( AWS ) Hyundai dan bengkel binaan Astra ( BBA ) angkatan ke-3 yang langsung dibina dan dibimbing oleh Toyota-Daihatsu-Isuzu dibawah naungan Yayasan Dharma Bhakti Astra ( YDBA ).

2.2        Struktur Bengkel Auto Star d/h Impian Motor

Bengkel Auto Star d/h Impian Motor mempunyai struktur organisasi yang cukup jelas dan tersusun rapi, yaitu sebagai berikut :



2.3        Visi dan Misi

2.3.1Visi

Menjadikan bengkel segala jenis kendaraan bermotor yang modern dan terlengkap untuk segala jenis perbaikan kenndaraan bermotor, dan menjadi bengkel kendaraan bermotor yang selalu memperhatikan aspek mutu lingkungan dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja.

3.1      Misi

Misi utama bengkel Auto Star d/h Impian Motor adalah :
v  Meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan pada setiap bagian.,
v  Menerapkan kebersihan, kerapihan, kedisiplinan, ketertiban dank el;estarian lingkungan.,
v  Meningkatkan kuallitas sumber daya manusia perusahaan.,
v  Melakukan inovasi pelayanan dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar